Vitamin F - Fakta Seputar Vitamin F

Vitamin F, apa itu? Mungkin banyak di antara kita yang kurang mengenal vitamin F. Ia memang tak sepopuler 'saudaranya' yang lain, misalnya vitamin A, B, C, D, E, K. Meski kalah ngetop, jangan sekali-kali meremehkannya, karena vitamin F juga banyak memberi manfaat kesehatan. Yuk, kita berkenalan lebih dekat.

Makanan Yang Mengandung Vitamin F
Vitamin F terdiri dari 2 jenis asam lemak yaitu asam linoleat (linoleic acid / LA) dan asam alfa-linoleat (alpha-linoleic acid / LNA). Keduanya sangat diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan membran sel, mengefektifkan sistem kekebalan tubuh, menyeimbangkan sistem hormonal. Juga menjaga kecantikan kulit, kuku, dan rambut.

Banyak ditemukan di dalam biji-bijian (biji bunga matahari, wijen, flaxseed), kacang-kacangan (walnut, almond, pecan), dan padi-padian (havermut, beras merah, cereal), terutama yang tidak terlalu banyak mengalami proses pengolahan. Para ahli gizi berpendapat bahwa majunya industri pengolahan panganlah yang menyebabkan kerusakan vitamin F pada beberapa bahan pangan.
Vitamin F
Kekurangan vitamin F bisa mengakibatkan kerusakan pada jantung, ginjal, dan hati. Rambut rontok, timbulnya penyakit kulit, gangguan penglihatan, mudah terinfeksi, dan keringat berlebihan juga merupakan pertanda kekurangan vitamin F.