Tips dan Cara Pencegahan Kanker Otak

Kanker atau tumor otak sebetulnya penyakit apa? Apa tanda dan gejala-gejalanya sehingga banyak yang terlewatkan? Tahu-tahu tumornya udah besar. Apakah sakit kepala termasuk tanda-tanda tumor atau kanker otak?

Gangguan kesehatan, sakit kepala merupakan salah satu yang paling sering dikeluhankan. Hampir semua orang pernah merasakannya.Ini juga bisa kita dilihat dari banyaknya obat bebas yang terjual di toko-toko adalah obat sakit kepala.

Kanker Otak - Tumor Otak


Yang kita rasakan ketika sakit kepala tak lain adalah rasa nyeri yang diterima saraf otak. Rasa nyeri itu sendiri yaitu perasaan tidak nyaman yang bersifat individual terhadap respon ketidakberesan dalam kepala kita. Kalau sakit kepalanya ringan dan cepat hilang, ketidakberesan itu mungkin ringan-ringan saja. Sebaliknya, kalau sakit kepala itu muncul berulang kali disertai rasa mual dan muntah yang spontan, kita mesti waspada.Tidak tertutup kemungkinan, gejala tersebut mengindikasikan adanya kelainan di rongga tengkorak.

Diperkirakan 1% penyebab nyeri kepala adalah Kanker Otak. Sifat nyeri pada tumor ini bervariasi dari ringan dan episodik sampai berat dan berdenyut.Umumnya tambah berat pada malam hari serta pada saat bangun pagi.Serta ada tanda peningkatan tekanan dalam otak seperti muntah yang spontan dan penurunan kesadaran. Terkadang tumor otak sulit terdiagnosa secara dini atau awal karena tergantung dari lokasi tumor, kecepatan pertumbuhan masa tumor ,kecepatan gejala tekanan tinggi dalam kepala, dan efek dari masa tumor itu sendiri.

Gejala spesifik tumor otak yang berkaitan dengan lokasi tumor juga memberikan tanda tertentu. Seperti tumor di bagian depan otak akan menimbulkan perubahan kepribadian, tumor di bagian belakang otak bisa menimbulkan kejang dan gangguan pada mata.

Cara mencegah kanker otak adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan yang mengandung antioksidan akan mencegah kanker otak yang disebabkan oleh penyempitan/penyumbatan pembuluh darah di otak. Antioksidan mampu melancarkan peredaran darah dari dan ke otak, bahkan mampu menyembuhkan berbagai jenis kanker baik itu kanker otak dan kista. Saat ini sudah ada produk kesehatan yang terbuat dari Manggis (buah yang mengandung antioksidan tertinggi) yang mampu menyembuhkan berbagai macam kanker otak dan penyakit degeneratif lainnya.